Monday, March 11, 2013

Budidaya jambu kristal

Budidaya jambu kristal

membudidayakan Jambu Kristal tidak ada bedanya dengan tanaman buah iklim tropis lainya. tidak diperlukan lahan yang luas untuk budidaya Jambu biji Kristal ini, manfaatkan saja lahan yang ada disekitar rumah Anda, bisa juga dengan sistem tabulampot untuk budidaya Jambu biji Kristal, selain lebih praktis juga cukup indah untuk dipandang mata, tanaman jambu kristal juga tidak membutuhkan perawatan berlebih. Dalam waktu normal sekitar umur 7 bulan pertama setelah tanam, pohon jambu kristal sudah bisa dipanen namun bisa dipastikan hasilnya belum terlalu banyak seperti pohon yang sudah berumur cukup lama. Untuk tahun pertama pohon jambu kristal bisa mengahsilkan kurang lebih sekitar 50 kg atau 70 buah. Pupuk yang digunakan untuk tanaman jambu kristal sama saja dengan tanaman lainnya yakni pupuk kompos yang dikombinasi dengan pupuk kandang.

jambu kristal
jambu kristal

 Penenaman jambu kristal

pilih tanah yang subur untuk berkebun buah-buahan khususnya Jambu kristal Sebagai salah satu syarat dalam mempersiapkan lahan berkebun, gemburkan tanah dengan bajak atau cukup dicangkul dengan kedalaman kurang lebih 30 cm secara merata. Selanjutnya berikan pupuk kandang dan pupuk kompos dengan dosis 40 kg/m persegi. komposisi yang digunakan untuk penanaman jambu kristal dalam pot antara lain adalah tanah, pupuk kandang, dan sekam yang sudah menjadi arang, untuk dasar pot  isikan dengan batu apung atau kerikil bisa juga dengan busa agar air bisa cepat jatuh saat penyiraman yang berlebihan atau pada saat curah hujan yang sedang tinggi, sehingga media tanam jambu kristal atau pot tidak becek.

Panen jambu kristal

pada dua minggu pertama setelah penanaman, pohon jambu kristal harus disiram sebanyak dua kali dalam satu hari pagi dan sore. Dan untuk minggu-minggu berikutnya penyiraman bisa dikurangi menjadi satu kali sehari secara rutin. Dan Apabila pohon jambu biji kristal ini telah tumbuh besar dan benar-benar kuat maka frekuensi penyiramannya dapat dikurangi lagi seperlunya saja. Apabila turun hujan dengan intensitas tinggi maka diusahakan agar sekeliling pohon  jambu kristal tidak tergenang air, untuk mengatasinya adalah dengan cara membuat lubang saluran air untuk mengalirkan air yang menggenangi sekitar pohon  jambu kristal. Ketika musim kemarau tiba dan tanah mulai terlihat merekah maka diperlukan penyiraman dengan intensif dan dilakukan rutin setiap sore hari sehari sekali. jambu biji kristal yang telah matang dan siap panen memiliki ciri-ciri buah yang berwarna hijau muda ke putih-putihan dan juga bisa dengan mencium baunya serta yang terakhir dengan merasakannya. Untuk pemanenan buah jambu kristal yang dianjurkan adalah dipetik beserta tangkainya agar buah tidak rusak, berbarengan dengan itu lakukan perawatan cabang dan batang dengan cara dipangkas seperlunya agar pohon jambu kristal tidak menjadi rusak dan dapat bertunas kembali dengan baik agar dapat cepat berbuah kembali.