Wednesday, March 6, 2013

Jambu Kristal

Asal jambu kristal

 Jambu kristal berasal dari muangthai park, ditemukan di District Kao Shiung - Taiwan, pada tahun 1991 dan diperkenalkan di indonesia di tahun yang sama. Buah jambu kristal memiliki biji yang sedikit yakni hanya 3% dari bagian buah, bahkan jika dilihat sepintas buah jambu kristal ini hampir tidak berbiji.
ciri ciri Jambu Kristal sebagai berikut:
  • Pohon Jambu Kristal dapat berbuah sepanjang tahun secara continue.
  • Satu pohon Jambu Kristal sekali berbuah dapat menghasilkan 20 - 40 buah.
  • Bobot perbuah Jambu Kristal 600 gram bahkan ada yang mencapai 900 gram.
  • Tekstur buah Jambu Kristal renyah saat hampir matang dan empuk saat dipuncak kematangan dengan warna daging yang putih bersih.
  • Kadar air buah Jambu Kristal cukup tinggi dan terasa segar saat dimakan dengan kadar kemanisaanya mecapai 11 - 12 briks.
  • Jambu Kristal lebih tahan terhadap hama penyakit dan kekeringan.

Keunggulan Jambu Kristal

Jambu Kristal memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari tekstur daging buahnya. Varian jambu biji ini disebut Jambu Kristal karena warna daging dari buah jambu ini yang putih bersih jernih seperti kristal. Memiliki rasa yang manis dengan tekstur renyah dan membuat perbedaan tersendiri dengan varian jambu biji yang lainnya. Kulit buah Jambu Kristal ini mengandung lilin sehingga membuat buah Jambu Kristal ini kuat dari serangan hama dan tidak mudah busuk pastinya. Tanaman Jambu Kristal sangat cepat beradaptasi serta salah satu yang terpenting adalah mudah perawatnanya. Terbukti hasil panen Jambu Kristal selalu habis terjual bahkan para petani mengaku kerap kekurangan untuk memenuhi permintaan para pembeli dari dalam dan luar negeri. Kebutuhan dan permintaan akan buah Jambu Kristal setiap tahunnya selalu meningkat sejalan dengan semakin dikenalnya varian dari buah jambu ini oleh masyarakat dalam dan luar negeri. Pemasaran dan budidaya Jambu Kristal pastinya akan menjadi peluang usaha yang menarik bagi para patani dan pengusaha lokal. Prodiktifitas Jambu Kristal terbilang tinggi dibanding varian jambu biji yang lainnya sehingga lebih menguntungkan.

Pangsa Pasar Jambu Kristal

Mengenai pasar Jambu Kristal Banyak pakar agro bisnis menilai bahwa baru sebagian masyarakat yang mengenal varian dari jambu biji ini, namun sudah mampu membuat bingung para pelaku bisnis dan petani yang selalu kehabisan stok. Kepopuleran buah Jambu Kristal ini di prediksi oleh beberapa pengamat akan semakin meningkat kedepannya. menurut pengakuan para petani, pembeli buah Jambu Kristal ini selalu berebutan untuk memesa ketika stok Jambu Kristal sedang berlimpah atau ketika sedang panen. Tanggapan masyarakat akan varian jambu biji ini sangat luar biasa, para petani menilai faktor yang menyebabkan buah Jambu Kristal ini laku dipasar adalah rasa daan teksturnya. Masyarakat sangat menyukai rasa buah Jambu Kristal ini yang terasa manis dengan tekstur yang renyah seperti buah apel dan biji buah yang sedikit.